Overview:

Berbagai kegagalan perusahaan dan skandal keuangan semakin kerap terjadi belakangan ini, meskipun semakin banyak jenis audit yang dilakukan baik oleh internal auditor, akuntan publik, maupun lembaga pengawas lainnya. Kenyataan ini menyadarkan berbagai kalangan bahwa berbagai upaya audit tersebut tidak akan membawa manfaat yang berarti jika corporate governance & internal control perusahaan tidak efektif. Kegagalan Enron di Amerika merupakan contoh pentingnya internal control, sekaligus contoh ketidakmampuan auditor (internal maupun eksternal) menyelamatkan perusahaan tanpa dukungan sistem kontrol yang efektif. Oleh karenanya, berbagai fihak – pemegang saham, regulator, pemerintah, dan stakeholders lainnya – saat ini lebih mengandalkan internal control untuk menjamin tercapainya tujuan perusahaan.
Relevansi pengendalian bagi kebutuhan perusahaan adalah kemampuan pengendalian untuk menyeimbangkan risiko dengan return pada tingkat yang optimal. Pengendalian meningkatkan kemungkinan pencapaian tujuan/sasaran yang telah ditetapkan. Oleh karenanya, manajemen bertanggung jawab untuk, mengembangkan pengendalian intern yang efektif.
Lokakarya ini dimaksudkan untuk memberikan pembekalan kepada para peserta di Satuan Pengawasan Intern, yaitu agar dapat memahami dengan baik konsep dasar mengenai audit internal dan bagaimana audit operasional dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Disamping itu, dengan pelatihan ini diharapkan para auditor mampu memberikan kontribusi yang berarti untuk pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan. Melalui pelatihan audit operasional ini para peserta juga akan diajak untuk mengenal bagaimana peran terkini dan paradigma baru SPI sebagai mitra manajemen. Untuk memberikan pemahaman yang baik mengenai pelaksanaan audit operasional, para peserta akan dipacu untuk mengembangkan sesuatu diskusi mengenai bagaimana proses dan teknik pengujian operasional dapat dilaksanakan dengan efektif, termasuk masalah dokumentasi hasil pengujian dan arti penting dari pelaporan audit operasional serta monitoring tindak lanjutnya. Peserta juga akan dikenalkan mengenai pendekatan audit yang terkini, yaitu pendekatan audit berbasis risiko.

Tujuan:
Bertujuan membekali Auditor Perusahaan untuk:

  • Memberikan pemahaman yang memadai mengenai kedudukan dan arti penting internal audit dalam meningkatkan pencapaian tujuan organisasi secara keseluruhan,
  • Meningkatkan komunikasi yang efektif antara unit SPI dengan unit-unit kerja operasional yang ada di lingkungan,
  • Memberikan pemahaman yang baik atas pelaksanaan penugasan audit operasional yang efektif & efisien.

Materi:

  • Intro to Operational Audit Proses Audit Operasional
  • Perencanaan Audit Operasional
  • Operasional Audit Fungsi Sales & Marketing
  • Operasional Audit Fungsi Human Resources
  • Operasional Audit Fungsi Purchasing
  • Operasional Audit Fungsi Keuangan

Durasi:
Lokakarya akan diselenggarakan selama 2 hari kerja, dimulai dari pukul 08.30 – 16.30 WIB

Biaya:
Biaya Lokakarya sebesar Rp 4.000.000,- per-orang

Download Formulir Pendaftaran

Pendaftaran & Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
Sdri. Lely, Sdri. Yana dan Sdri. Yasmin
Tlp : 021 – 798 5555
Fax. 021 – 798 6666
email : info@ypia.co.id

            marketingypia@gmail.com

L’Avenue Office Tower Lt. 17
Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 16 Jakarta
follow us: @ypia_audit