Overview:

Dalam menjalankan peran asurans maupun konsultansi, auditor internal memerlukan banyak proses fasilitasi, yakni mengumpulkan auditee (process owner) dan menggali pengetahuan yang dimiliki mereka dalam suatu workshop. Dalam peran asurans, proses fasilitasi dilakukan, antara lain, untuk mengases kecukupan dan efektivitas internal control, merumuskan rekomendasi dan action plan, dan menilai kemungkinan unit kerja mencapai tujuannya. Auditee akan lebih mudah menerima dan menindaklanjuti rekomendasi yang dihasilkan dari proses fasilitasi daripada rekomendasi hasil audit tradisional.
Dalam peran konsultansi, proses fasilitasi dapat digunakan, antara lain, untuk mengidentifikasi dan mengukur resiko bisnis, merumuskan langkah mitigasi resiko, dan mengidentifikasi dan memecahkan masalah bisnis (operasional). Peran konsultasi dalam praktiknya diwujudkan dengan cara memberikan counsel, advis, fasilitasi, dan training (Glosary – IPPF). Melalui proses fasilitasi, auditor internal dapat meningkatkan nilai tambah dan kontribusi terhadap pencapaian tujuan organisasi.

Manfaat:
Dalam workshop dua hari ini, peserta akan dibekali dengan:

  • Keterampilan merencanakan berbagai jenis kegiatan konsultansi
  • Pemahaman konsultasi tradisional dengan fasilitasi
  • Keterampilan menggunakan teknik fasilitasi untuk kegiatan asurans dan konsultasi
  • Memahami proses dan model fasilitasi
  • Menggunakan perangkat fasilitasi: meta-plan, voting technology, idea brainstorming
  • Pengamatan video CSA Facilitation Skills
  • Menangani personality dan perubahan
  • Group dynamic
  • Latihan merencanakan dan melaksanakan fasilitasi

Metode Pengajaran dan Evaluasi

Materi pelatihan disampaikan secara sederhana sehingga mudah dipahami. Pada topik-topik tertentu diadakan exercise dan studi kasus agar materi yang dibahas dapat dipahami secara mendalam. Peserta didorong untuk mendiskusikan problema yang dihadapi di organisasi dan mencari alternatif penyelesaiannya. Pada akhir pelatihan, dengan bimbingan instruktur peserta diharuskan membuat action plan agar materi yang diperoleh selama kursus dapat memberikan sumbangan yang maksimum terhadap unit organisasinya. Pada setiap topik para peserta diberikan metode, teknik dan tools untuk implementasi konsep-konsep yang diajarkan. Evaluasi akan dilakukan pada setiap akhir pelatihan yang mencakup: (i) evaluasi atas penerimaan peserta terhadap materi training, (ii) evaluasi penyampaian training (modul maupun instruktur), (iii) evaluasi atas penyelenggaraan program secara keseluruhan.

Durasi:
Lokakarya akan diselenggarakan selama 2 hari kerja, dimulai dari pukul 08.30 – 16.30 WIB

Biaya:
Biaya Lokakarya sebesar Rp 3.000.000,- per-orang

Download Formulir Pendaftaran

Pendaftaran & Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
Sdri. Lely, Sdri. Yana dan Sdri. Yasmin
Tlp : 021 – 798 5555
Fax. 021 – 798 6666
email : info@ypia.co.id

              marketingypia@gmail.com

L’Avenue Office Tower Lt. 17
Jl. Raya Pasar Minggu Kav. 16 Jakarta
follow us: @ypia_audit