Program sertifikasi QIA

Dalam mendiskripsikan Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) tidak dapat dilupakan tentang proses pembentukan dan eksistensi Dewan Sertifikasi Qualified Internal Auditor (DS-QIA). Kelahiran DS-QIA didahului dengan pembicaraan antara eksponen (pengurus) FKSPI BUMN/BUMD yang berada dalam kepengurusan YPIA dan Pengurus FK BUMN/BUMD yang lain serta pejabat BPKP pada waktu Rapat Kerja FKSPI BUMN/BUMD Wilayah Jawa Timur di Malang tanggal 30 Maret 1996 yaitu teretusnya ide untuk memperkokoh hasil pelatihan dari YPIA berupa pemberian sertifikat profesi.

Gagasan ini selanjutnya dimatangkan dengan pertemuan di Bandung tanggal 13 April 1996 yang dihadiri oleh unsur BPKP (Drs. Chatim Baidaie, Ak., Deputi Pengawasan BUMN/BUMD dan Drs. Soekardi Hoesodo, MSoc.Sc., Kepala Pusdiklat Pengawasan BPKP), Unsur FKPSI BUMN/BUMD (Drs. Hiro Tugiman, Ak., Ketua Umum dan Drs. Fatkhal Muin Ishaq, MM, Ketua III) dan unsur YPIA (Soedar Kendarto – Ketua, Mohamad Hassan, Ak., MAFIS).

Susunan personalia Dewan Seritifikasi Qualified Internal Auditor 2012 – 2017 adalah sebagai berikut:

EXECUTIVE BOARD
1. Hari Setianto, Ak., MSocSc, CIA, QIA Ketua merangkap Anggota
2. Slamet Soedarsono, Ir, MPP, QIA Sekretaris I merangkap Anggota
3. Pioner Harapan, SE,Ak., MM,QIA, CRMP Sekretaris II merangkap Anggota
4. Friady Amaluddin, MSc, MSE, QIA, CIA, CCSA, CGAP, CISA Bandahara
5. Inawaty H., Dra., MM, QIA, CIA, CISA, CFSA Anggota
6. Mohamad Hassan, Ak, MAFIS, QIA Anggota
7. Henny E. Wirawan, Psi, MHum, QIA, CGA, CRMP Anggota

 

NON-EXECUTIVE BOARD
1.  Hiro Tugiman, Prof,Dr, Drs, Ak., QIA, CRMP  Anggota
2.  M. Chatim Baidaie, Drs, Ak, CFE, QIA, CRMP  Anggota
3.  Eddie Gunadi M., Drs, Ak, QIA  Anggota
4.  Hadi Rachmansyah Pane, Drs., QIA  Anggota
5.  Mulyadi, Drs, Ak., MSc, QIA  Anggota
6.  Ogi Prastomiyono, Ir., MBA, QIA  Anggota
7.  Soekardi Hoesodo, Drs, MSocSc, CGFM, CFE, QIA  Anggota
8.  Suyono Sudirun, MBA, QIA   Anggota
9.  Wahjudi Prakarsa, Prof, Dr, QIA  Anggota
10.Atjeng Sastrawidjaja, Drs, Ak.  Anggota
11.Soedar Kendarto, QIA, CRMP  Anggota

Hubungan Dewan Sertifikasi QIA dengan YPIA merupakan hubungan historis, emosional dan teknis yang sangat erat.

Dewan yang menentukan standar, kurikulum, silabi dan menyelenggarakan ujian dalam rangka sertifikasi sedangkan YPIA yang melaksanakan teknis pelatihan dan ujian serta memberi dukungan fasilitas operasional kerja Dewan Sertifikasi QIA. Sehingga hubungan kerja ini sudah merupakan satu kesatuan dan tidak hanya merupakan kerabat kerja YPIA.

 

Program Sertifikasi QIA dapat diikuti oleh masyarakat luas yang berprofesi sebagai auditor ataupun mahasiswa dari perguruan tinggi yang memiliki kerjasama pendidikan audit intern dengan DS-QIA. Program Sertifikasi QIA didapat harus dengan mengikuti pelatihan audit internal yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) melalui beberapa jenjang pelatihan yaitu Tingkat Dasar, Tingkat Lanjutan dan Tingkat Manajerial. Di setiap jenjang pelatihan peserta diberikan ujian sertifikasi dari setiap materi pelatihan. Dengan menggunakan kerangka acuan kompetensi audit internal (Competency Framework for Internal Auditing – CFIA), Common Body of Knowledge The Institute of Internal Auditors (IIA), Content Specification Outline (CSO) ujian CIA (Certified Internal Auditor), serta memasukkan kebutuhan pengetahuan dan keterampilan praktik audit internal di Indonesia.

Sertifikat QIA hanya dapat diberikan kepada peserta yang telah memiliki pengalaman kerja dalam bidang audit internal paling sedikit selama 1 tahun dan telah lulus dari ± 22 materi ujian yang diselenggarakan dalam 5 (lima) jenjang pendidikan dengan skema sebagai berikut:

Slide 1

Slide 1

Bagi calon peserta yang memiliki latar belakang pendidikan, pelatihan dan pengalaman kerja di bidang auditing, dapat mengajukan pertimbangan penempatan (waiver) kepada DS-QIA dengan mengirimkan biodatanya (curriculum vitae) secara online di sub menu Sertifikasi: CV untuk placement. DS-QIA di dalam pertemuan mingguannya akan menetapkan dan memberitahukan hasil keputusan penempatannya.

Pemegang Sertifikasi QIA per 31 April 2015

NOMOR INSTANSI/PERUSAHAAN JUMLAH QIA JUMLAH PERUSAHAAN
1 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 2775 169
2 Badan Usaha Milik Negara (BUMD) 147 33
3 Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) 837 122
4 Lembaga Lainnya/Personal 132 31
5 Kehormatan 8
  TOTAL 3899 355

sumber berdasarkan: Dewan Sertifikasi QIA

 

Guna memelihara kualitas pelaksanaan tugasnya, pemegang sertifikat QIA wajib mematuhi standar dan kode etik profesi yang dikeluarkan Dewan Sertifikasi, dan wajib mengembangkan dirinya melalui pendidikan profesional berkelanjutan (ppl) paling sedikit 180 jam dalam 3 (tiga) tahun.
Untuk mendorong dan memajukan bidang audit internal khususnya di dunia pendidikan, saat ini DS-QIA mengembangkan pola kerjasama pendidikan audit internal (KPAI) dengan beberapa perguruan tinggi di berbagai kota dengan memberikan pelatihan dan sertifikasi audit internal tingkat dasar dan tingkat lanjutan. Dengan demikian para mahasiswa dimungkinkan mendapatkan kesempatan dan nilai lebih setelah mereka menyelesaikan studinya untuk memasuki lapangan kerja di berbagai perusahaan. Dengan adanya kerja sama ini jangkauan pelatihan dan pengembangan sertifikasi bidang audit internal lebih merata, dan menjadikan audit internal sebagai suatu profesi yang dituntut memiliki disiplin ilmu tersendiri.

Pelaksanaan Pelatihan
* Reguler, diadakan sesuai jadwal yang diterbitkan YPIA
* In House Training, jenis pelatihan, materi, waktu dan tempat berdasarkan kesepakatan antara YPIA dan pengguna jasa

 

Qualified Internal Auditor (QIA) adalah sertifikasi profesi dalam bidang audit internal yang menunjukkan kualitas dan profesionalisme dari individu yang memilikinya. Sertifikat QIA juga merupakan pengakuan bahwa yang bersangkutan telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sejajar dengan kualifikasi auditor internal tingkat internasional.
Sertifikat QIA diberikan oleh suatu lembaga yaitu Dewan Sertifikasi Qualidied Internal Auditor (DS-QIA) yang terdiri dari para pakar maupun praktisi senior dalam bidang audit internal. Sampai saat ini, Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) adalah satu-satunya lembaga yang diberi wewenang oleh DS-QIA untuk menyelenggarakan pendidikan audit intern dan ujian Sertifikasi QIA.

Sertifikat QIA hanya dapat diberikan kepada peserta yang telah memiliki pengalaman kerja dalam bidang audit internal paling sedikit selama 1 tahun dan telah lulus dari ± 22 materi ujian yang diselenggarakan dalam 5 (lima) jenjang

Bagi calon peserta yang memiliki latar belakang pendidikan, pelatihan dan pengalaman bekerja di bidang auditing, dapat mengajukan pertimbangan penempatan (waiver) kepada DS-QIA dengan mengirimkan biodatanya (curriculum vitae). DS-QIA di dalam pertemuan mingguannya akan menetapkan dan memberitahukan hasil keputusan penempatannya.

Sampai akhir tahun 2014 terdapat 3.899 pemegang sertifikat QIA di seluruh Indonesia, mulai dari staf yunior hingga direksi dari berbagai instansi BUMN, BUMD, BUMS serta dari sektor publik/Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) mencakup seluruh strata sampai dengan tingkat Inspektur Jenderal/Inspektur Utama dan Wakil Menteri. Disamping itu tercatat pula pemegang gelar QIA yang berasal dari kalangan perguruan tinggi, LSM, rumah sakit, lembaga keagamaan, maupun para individu. Mulai Oktober 2002 Sertifikat QIA diakui organisasi profesi internasional yaitu The Institute of Internal Auditors (IIA) yang berpusat di Florida, Amerika Serikat. Ini berarti Sertifikat QIA sejajar dengan sertifikat profesi internal audit lainnya di 36 (tiga puluh enam) negara di dunia.
Saat ini pemegang Sertifikat QIA mendapatkan manfaat lebih dengan adanya kerjasama DS-QIA dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Risiko (LSPMR), yaitu dengan diakuinya beberapa modul sertifikasi QIA, sehingga para QIA yang ingin mendapatkan Sertifikat Certified Risk Management Professional (CRMP) waktunya menjadi lebih singkat dengan biaya yang lebih terjangkau.

Guna memelihara kualitas pelaksanaan tugasnya, pemegang sertifikat QIA wajib mematuhi standar dan kode etik profesi yang dikeluarkan Dewan Sertifikasi, dan wajib mengembangkan dirinya melalui Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL) paling sedikit 180 jam dalam 3 (tiga) tahun. Untuk memajukan bidang audit internal di dunia pendidikan, saat ini DS-QIA mengembangkan pola Kerjasama Pendidikan Audit Internal (KPAI) dengan beberapa perguruan tinggi di berbagai kota dalam memberikan pelatihan dan sertifikasi audit internal tingkat dasar dan tingkat lanjutan di kalangan mahasiswa, sehingga mereka memiliki nilai lebih saat memasuki dunia kerja di berbagai perusahaan. Dengan adanya kerja sama ini jangkauan pelatihan dan pengembangan sertifikasi bidang audit internal lebih merata, dan menjadikan audit internal sebagai suatu profesi yang dituntut memiliki disiplin ilmu tersendiri.