The Internal Audit Professional Training & Development Center

info@ypia.co.id .
021-7985555 .
L'Avenue Office Tower - Lt.17 Jl. Raya Pasar Minggu Kav.16, JKT 12780
  • Home
  • /
  • Fordis Januari 2020

Fordis Januari 2020

METAKOGNITIF UNTUK AUDITOR

Sebagai pembuka awal tahun 2020 ini, Forum Diskusi YPIA mengangkat tema ‘ METAKOGNITIF UNTUK AUDITOR ‘ yang disampaikan oleh salah satu dari Instruktur YPIA yang merupakan Human Resource Specialist’, yaitu ibu Rita Rosmini H, Psi., QIA.

.

.

Sebagai seorang Human Resource Specialist yang juga menyandang Sertifikat Qualified Internal Auditor (QIA), pada Fordis ini ibu Rita mengupas ‘Ketrampilan Personal’ auditor dari sudut pandang psikologi, khususnya mengenai perlunya kemampuan berpikir kritis bagi para auditor dalam melaksanakan kegiatan auditnya.

Seorang auditor selayaknya memiliki Metacognitive Knowledge, yaitu kemampuan untuk mengontrol aspek kognitif / thinking about thinking / knowing about knowing, termasuk bagaimana menggunakan strategi tertentu untuk belajar atau memecahkan masalah.

Ada dua komponen dalam metakognitif , yaitu Metacognitive Knowledge dan Metacognitive Regulation, yang keduanya berperan penting dalam proses metakognitif. Seringkali terdapat hambatan dalam usaha untuk meningkatkan kemampuan metakognitif ini, antara lain ‘ego yang terlalu tinggi (high ego)’ dan ‘ sikap menolak untuk menerima masukkan atau umpan balik (feed back) dari orang lain’. Kemampuan metakognitif yang tinggi dari para auditor akan meningkatkan awareness dan pencarian informasi baru yang tepat yang akan membuat proses belajar dan proses pemecahan masalah menjadi lebih mudah dan lebih efektif.

.