REMOTE AUDITING PRACTICE DURING PANDEMIC

(Narasumber Forum Diskusi: Kiagus Yullyan, SE, MAk, CA, CPA, CIA)

Pengantar

Mengawali tahun 2021, PPIA-YPIA kembali melaksanakan forum diskusi PPIA-YPIA. Forum diskusi di awal tahun 2021 ini dilaksanakan pada tanggal 23 Januari 2021 dan dilaksanakan secara daring, berjudul: “Remote Auditing Practice During Pandemic, dengan narasumber: Bp. Kiagus Yullyan, SE, MAk, CA, CPA, CIA. Forum diskusi yang telah dilaksanakan selama lebih dari 10 tahun dan secara konsisten dilaksanakan setiap bulan, pada awalnya merupakan wadah berkumpul dan berbagi pengetahuan di antara para instruktur YPIA. Namun, sesuai dengan perkembangannya dan untuk memberikan manfaat yang lebih berarti kepada setiap pihak, maka forum diskusi ini tidak hanya untuk para instruktur, tetapi juga para insan YPIA, dan umum. Karena pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda berakhir, maka forum diskusi di tahun 2021 akan dilaksanakan dua bulan sekali dan lebih dititikberatkan pelaksanaannya secara daring, tanpa mengurangi kualitas penyelenggaraan dan substansi tema-tema yang dibahas dalam setiap forum diskusi. Mudah-mudahan forum diskusi yang kami selenggarakan ini dapat selalu memberi manfaat yang berarti melalui tema-tema yang kami sajikan. Kami selalu berkomitmen memberikan yang terbaik untuk anda semua.

(Tim Akademis PPIA-YPIA)

Berikut ini, kami sampaikan ringkasan pembahasan dalam forum diskusi edisi Januari 2021 ini dan galeri foto-foto acara forum diskusi PPIA-YPIA. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Remote Auditing Practice During Pandemic

Kasus infeksi yang disebabkan oleh Covid19 terlihat semakin tinggi dan mencapai rekor baru. Itulah yang terjadi di Indonesia selama bulan Januari 2021. Hingga saat ini, wabah Covid-19 belum menunjukkan penurunan yang berarti dan oleh karenanya pemerintah sekali lagi harus mengambil langkah preventif dengan menerapkan aturan 75% Bekerja dari Rumah atau yang lebih sering dikenal dengan istilah Work from Home (WFH). Kapan hal ini akan berakhir? Pandemi Covid-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya ini telah membuat tidak ada seorang pun dapat memprediksi kapan pandemi ini akan berakhir. Apa yang dapat dilakukan sebagai seorang auditor dalam kondisi pandemi Covid19. Bagaimana pun, auditor dapat melakukan pekerjaan dari rumah dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk membantu penyelesaian tugas-tugas audit.

Akankah audit secara jarak jauh (remote auditing) akan menjadi suatu praktik atau norma baru dalam audit? Dengan kondisi dan situasi pandemi saat ini adalah benar bahwa remote auditing merupakan praktik-praktik yang sesuai dan dibutuhkan terutama di masa pandemi saat ini. Menurut studi Mc Kinsey pada bulan November 2020, banyak aktivitas yang dilakukan dalam audit dapat dilakukan dari jarak jauh dengan cara yang efektif dan produktif, seperti memperbarui pengetahuan dan pembelajaran, berinteraksi dengan komputer, komunikasi, menganalisis informasi, hubungan interpersonal, pekerjaan administrasi, pemantauan proses, mempengaruhi orang lain.

Dengan bantuan teknologi, auditor mendapatkan pengalaman yang bermanfaat dari pelaksanaan audit dengan cara remote atau jarak jauh, seperti misalnya: penurunan biaya perjalanan dinas, perluasan kumpulan auditor yang tersedia, cakupan audit yang lebih luas, penggunaan spesialis yang diperluas, kolaborasi yang lebih baik, dan sebagainya. Bagaimana pun, remote auditing akan menjadi metode pilihan oleh banyak auditor, menjadi praktik dan norma baru, untuk meningkatkan cara bagaiaman melakukan audit di masa depan.

Tentu saja, penggunaan remote audit ini bukannya tanpa risiko. Pelaksanaan kegiatan audit secara jarak jauh tidak memungkinkan untuk mengetahui bukti tersembunyi atau rusak, kolaborasi yang tidak baik dengan pihak yang diaudit, permasalahan teknologi, informasi yang berlebihan. Hal itu semua adalah beberapa contoh dari risiko yang dapat terjadi dalam pelaksanaan remote auditing. Namun demikian, dengan perencanaan yang matang; eksekusi terkelola dengan baik; penjaminan kualitas atas praktik-praktik yang, pelaporan, dan pemantauan; bahkan, penggunaan siklus audit berulang yang diadopsi dari Metode Agile Scrum, banyak membuktikan auditor berhasil dalam menerapkan remote auditing dengan kualitas tinggi.

Galeri Foto Forum Diskusi PPIA-YPIA, 23 Januari 2021