PROGRAM SERTIFIKASI QUALIFIED HEALTHCARE INTERNAL AUDIT

QHIA (Qualified Healthcare Internal Auditor) adalah gelar sertifikasi profesi dalam bidang audit internal pelayanan kesehatan. Sertifikasi QHIA merupakan simbol kualitas dan profesionalitas individu yang menyandang gelar tersebut. Gelar QHIA merupakan pengakuan bahwa penyandang gelar tersebut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sejajar dengan kualifikasi internal auditor tingkat internasional di bidang pelayanan kesehatan.

QHIA diberikan oleh Dewan Sertifikasi yang terdiri dari atas pakar maupun praktisi senior dalam bidang audit internal bidang pelayanan kesehatan yang mewakili organisasi profesi bidang pelayanan kesehatan, akademisi, praktisi, tokoh profesi, dan YPIA. Sebagai institusi pelatihan di bidang audit internal, YPIA adalah satu-satunya lembaga yang diberi kepercayaan oleh Dewan Sertifikasi untuk menyelenggarakan pelatihan dan pelaksanaan ujian sertifikasi QHIA.

Gelar QHIA diberikan kepada para kandidat yang telah lulus dari 13 materi yang diujikan dan field-study yang wajib dipresentasikan. Program sertifikasi QHIA memiliki 3 jenjang (level), yaitu:

I. QHIA Level 1 – (6 materi yang diujikan)
II. QHIA Level 2 – (5 materi yang diujikan)
III. QHIA Level 3 – (2 materi yang diujikan + Field-study yang wajib dipresentasikan)

Setiap peserta harus menyelesaikan materi-materi QHIA tersebut dan lulus materi-materi tersebut, serta menjalankan field-study yang wajib untuk dibuatkan laporan studi lapangannya dan dipresentasikan di hadapan Dewan Sertifikasi QHIA untuk mendapatkan pengakuan profesi di bidang audit internal bidang pelayanan kesehatan ini, yaitu: Qualified Healthcare Internal Auditor